Peralatan seperti solder uap sangat bermanfaat untuk dipakai dalam pemasangan atau perakitan komponen. Kemampuannya juga jauh lebih baik dibandingkan solder biasa. Adapun pemakaiannya juga tak susah dan bisa mengoptimalkan hasil penyolderan.

Mekanisme solder uap atau yang biasa disebut blower mengandalkan suhu panas yang bisa diatur melalui tekanan udara. Pengaturannya bisa dikondisikan sehingga hasil pemanasan pada ujung solder bisa bekerja secara optimal.

Karena itu disarankan untuk memiliki solder ini jika terbiasa melakukan aktivitas perbaikan atau pemasangan komponen. Solder jenis ini banyak di pasaran dan bisa dipilih berdasarkan keamanan dan kenyamanan calon pemakai. Lagipula dengan adanya perangkata ini menjamin aktivitas yang lebih cepat dan tepat.

Penyimpanan dan Perawatan Solder Uap

Nah, bagaimana untuk penyimpanan dan perawatan peralatan ini? Garis besarnya sangat mudah. Namun tentu butuh kehati-hatian dalam menggunakan dan menyimpan perlengkapan ini supaya tetap awet. Perawatan yang tepat dimulai dari cara penggunaan sesuai anjuran. Oleh sebab itu, kenalilah penggunaan dan terapkan secara benar.

Pastikan sebelum menggunakan solder ini dengan menyalakan dulu tombol ON setelah tersambung pada listrik. Silakan mengatur suhu panas dan tekanan udara yang pas sebelum digunakan untuk menyolder. Setelah menggunakan solder ini jangan lupa untuk selalu mematikannya dan mencabut sambungan listrik yang sudah tersambung. Biarkan ujung solder mendingin baru simpan di tempat yang disediakan. Jauhkan dari jangkauan anak-anak selama peralatan masih dipakai atau baru saja digunakan.

Untuk membersihkan solder ini, silakan bersihkan bagian PCB dari noda atau kotoran lain atau bisa jadi sisa-sisa minyak. Pakai saja cairan khusus IPA/Tiner khusus. Oleskan menggunakan kuas lembut tapi jangan sampai mengotori atau merusak komponen di sekitarnya.

Selama menggunakan jika hendak menggoyangkan IC gunakan saja pinset. Perlindungan komponen di sekitar bagian yang disolder juga wajib khususnya yang dibuat dari bahan plastik. Jangan sampai memanasi komponen terlalu lama. Pastikan pula bahwa timah sudah melekat secara sempurna di komponen dan papan PCB.

Terakhir, setelah memakainya, biarkan selama sekitar satu menit sampai ujung solder dingin. Dan jangan langsung cabut kabel listrik tapi matikan dulu tombol saklar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *