Kelebihan Solder Uap Dibandingkan Solder Biasa

Ketika bekerja dengan benda elektronik tentunya dibutuhkan peralatan yang bisa berfungsi dengan baik, aman untuk digunakan dan memudahkan pekerjaan Anda untuk merakit atau memperbaiki barang elektronik. Bagi mekanik tentunya punya alat yang bisa diandalkan dalam berbagai macam situasi adalah situasi yang ideal dan bisa sangat membantu pekerjaan.

Salah satu alat perkakas elektronik wajib yang dimiliki mekanik adalah solder. Yang fungsinya adalah untuk memanaskan, mencairkan, mengangkat komponen-komponen kecil dengan ujung mata solder yang meruncing sehingga lebih mudah untuk menjangkau sela kompnonen listrik yang sempit. Kini ada idola baru untuk solder yang lebih efisien dan bisa digunakan untuk berbagai macam pekerjaan. Yaitu solder uap yang tidak menggunakan mata solder berbahan besi namun menggunakan hembusan uap panas dengan suhu dan tekanan udara yang bisa diatur sendiri.

Kelebihan solder uap dibandingkan solder konvensional

Untuk kelebihan solder uap jika dibandingkan dengan solder konvensional hampir relatif sifatnya karena tergantung dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Solder yang biasa harganya lebih murah dan membutuhkan daya listrik yang tidak besar dibandingkan dengan solder uap. Solder yang biasa juga lebih berguna apabila digunakan oleh mekanik atau teknisi yang bekerja dengan alat elektronik seperti televisi dan sebagainya. Namun untuk memanaskan lempeng atau batang timah yang tebal, solder biasa masih kurang efektif untuk digunakan.

Sedangkan untuk solder uap kelebihannya adalah ia bisa digunakan untuk memanaskan hingga melelehkan batang timah yang memiliki penampang lebih tebal. Tinggal atur suhu dan juga tekanan udaranya untuk bisa menghasilkan panas yang cukup. Solder uap juga bisa digunakan untuk memasang dan melepas komponen jenis SMD yang tidak bisa dilakukan oleh solder biasa. Solder uap juga banyak digunakan oleh teknisi atau tukang servis handphone karena ia bisa digunakan untuk mengeringkan komponen handphone yang basah karena kena air. http://cody.id/

Jadi tergantung akan digunakan untuk apa solder yang Anda gunakan masing-masing jenis solder punya kelebihannya sendiri-sendiri. Bahkan tidak jarang mekanik yang memiliki solder biasa dan solder uap untuk bekerja dengan berbagai macam komponen yang membutuhkan alat yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *